RSS Feed

Kalau “Jamie’s Food Revolution” di Indonesia…

Ini acara yang ada di teve kabel channel TLC setiap hari Kamis jam 18.00. Inti dari misinya si Jamie Oliver ini adalah mengubah pola makan orang Amrik yang terlalu terpaku sama junk food. Emang udah bukan rahasia lagi kalo pola makan orang Amerika sama sekali gak sehat. Yaa, Vanessa Hudgeons, Alicia Keys, or Blake Lively emang badannya yang super duper okeh gitu. Tapi mereka selebrita. Dan selebrita bukanlah orang kebanyakan. Tau sendiri kalo US paling jago bikin pencitraan diri, tapi padahal kenyataannya sama sekali gak kayak gitu. Siapa sih yang gak inget, kalo Britney Spears, Christina Aguilera, bahkan si kurus Mischa Barton pernah bablas menggendut dan gak terawat? Ya begitu itu Amerika yang sebenarnya.

The real life of USA

Penyakitnya gak jauh-jauh dari diabetes dan jantung. Semuanya gara-gara kebanyakan gula dan processed food. Inget film Super Size Me yang nunjukin kalau Mc. Donalds merajai fast food di sana? Ibaratnya Mc. Donalds di sana itu, kayak Alfamart/Indomaret di sini yang tiap 10 meter ada. Dan secara ironis, Mc. Donalds, yang dibilang sebagi sumber junk food dan penyebab obesitas dan diabetes, ada di beberapa kantin rumah sakit.

Kita juga punya fast food di sini. Dan hampir di mana-mana juga. Heran gak, kenapa kita gak kayak mereka? Well, selain harganya mahal, lo harus ngakuin doong, kalo rasanya nasi padang lebih yahud dari pada paha ayam fast food itu? Bener, kan? Personally, gue lebih milih tempe penyet sambel terasi dari pada ayam makdi itu. Err… tapi kalo ayamnya KFC sih, gue milih ayamnya :”>

Setiap gue nonton acara ini, yang ada di otak gue, selain ngerasa eneg karena diliatin mulu processed food yang warnanya cokelat dull, gue selalu mikir, kalau Jamie ngebawa misi ini ke Indonesia, dia akan menghadapi situasi yang benar-benar kebalik, dengan solusi yang sama juga.

Intinya, kita juga sama memprihatinkannya dengan USA. Kalau mereka over-nutrisi, kita malnutrisi. Kalo mereka obesitas, kita busung lapar. Hasilnya gada yang bagus. Sama-sama buruk. Dua-duanya bikin penyakit.

Lebih dari 100 juta penduduk Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan. Keluarga yang hidup di bawah garis kemiskinan, biasanya anaknya lebih dari dua. Mungkin karena gak ada kegiatan lain seperti para pekerja kantoran yang sibuk, akhirnya hanya kegiatan prokreasi saja yang menjadi kegiatan mereka. Dengan pengetahuan minim tentang kontrasepsi, akhirnya mereka terus berprokreasi, lupa kalau hasil kreasinya nanti juga butuh makan. Gak usah pas udah lahir, pas masih di dalam rahim pun udah harus dikasih nutrisi tanpa henti. Hasilnya apa? Jelas, malnutrisi.

Jadi mikir, kalau Jamie Oliver di taro di Indonesia, revolusi makan apa yang bisa dia lakukan ya? Karena di US, para penderita obesitas, mereka memilih pola makan seperti itu. Mereka punya semua bentuk sayur-sayuran segar, tapi mereka memilih makanan sampah. Nah, kalau penderita malnutrusi di Indonesia? Mereka tidak punya pilihan. Pilihannya cuma makan nasi seadanya, atau tidak makan. Dan walaupun tidak makan bukanlah pilihan, ternyata kadang-kadang saking miskinnya mereka, dalam sehari pun bisa tidak makan.

The contradiction is amazing…

Jadi… *mode emak2: ON* yang masih pada sehat, atur pola makan dengan sehat ya. Pokoknya jangan berlebihan lah. Jangan lupa, olahraga. Kalo gak punya waktu, jalan kaki aja dari rumah ke kantor. Itu juga udah olahraga kok. *datar*

Advertisements

About Lely Citra

Procrastinator, but strangely, always on time.

2 responses »

  1. Menurut Hemat saya bahwa sesungguhnya makanan sehat sulit kita jumpai di muka bumi ini, Hampir semua yang kita konsumsi serba instan dan pengawet.
    Makanan Indonesia juga banyak tak layak bagi kesehatan tapi banyak peminat seperti Rujak dan jenis makanan pedas lainnya. Kecuali kita kembali ke masa purba yang nomaden dan food ghatering, baru akan bertahan kesehatan pada tubuh.

    Reply
    • umm… I beg to differ, sir, masih banyak sekali makanan sehat di muka bumi ini. kalo yang kita makan gak sehat, itu karena lebih seringnya kita males mengolah bahan. dan rujak buah kayaknya sehat2 aja deh pak ;)

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: