RSS Feed

Kalap di TBK* di Jakarta

*Toko Bahan Kue

Niat awal ke Jakarta sebenarnya cuma hadir ke nikahan temen. Tapi lalu, si tuan rumah yang menampung gue, yang tak lain adalah bulik gue dan nDut, sepupu gue, meracuni gue untuk tinggal lebih lama. Mereka bilang, rugi amat ke Jakarta cuma 4 hari? Kamu kan belum tentu ke sini lagi pas nanti liburan. Sepupu gue malah nambahin, you need to hibernate. Yaah, gue emang nggak bisa bilang kalo gue gak butuh liburan, karena, sumpah, otak gue emang lagi sumpek abis di Malang dan gue emang butuh banget liburan. Dan liburan tak terencana itu pun semakin lengkap dengan turunnya honor dari terjemahan novel terakhir gue, bleehehehehe…. *big grin*

Sebelum rencana extended vacation, gue emang udah rencana mo berburu peralatan kue. Rencana awal cuma mau ke Titan (Fatmawati) Tapi berhubung liburannya diperpanjang, gue pun berhasil mampir ke Toko Ani (Senen), Ingredients (Radio Dalam dan Pesanggrahan) sama Trinity (Puri).

Gue berangkat dari Malang dengan niat lurus, nyari loyang bongkar pasang buat bikin cheesecake. That’s it. Sumpah, itu doang. Tapi niat tinggallah niat, karena begitu gue menginjakkan kaki di Ingredients Radal, gue hilang akal. Kilau panci-panci stainless, mikser Kitchen Aid idaman, warna-warni sugar dust, wangi butter dan esens yang harum banget, bikin otak gue berkabut (lebay deh). Esens almond, vanili, dan loyang lonjong, masuk ke keranjang mungil yang disediain Ingredients. Not bad, ternyata gue tidak sekalap itu.

Next destination, Titan. Kesan pertama… well, gue pikir gue akan masuk ke toko se”lucu” Ingre, tapi ternyata Titan mirip Avia yang ada di Malang. Kalo untuk bahan-bahannya, jelas emang lebih heboh dari pada Avia lah. nDut dapet butter cream siap kocok Hollman. Di sinilah gue dapet loyang bongkar pasang. Itu dan… kuas. That’s it.

Semua itu belum apa-apa, sampe gue nyampe ke Toko Ani. nDut udah ngingetin supaya “ati-ati” masuk Toko Ani. Damn it, she was right. Packed up with Wilton products, this little store is like heaven for pastry chef. Apalagi gue! Masuk ke toko ini kayak masuk ke dunia lain yang menyenangkan (uhm, tapi mungkin hanya untuk para bakers kali ya) Dari luar sih biasa aja, tapi pas udah masuk, haloo… barang-barangnya kualitas hotel getoo! Gue yakin, kalo ni toko kebakaran (amit-amit… *tok, tok, tok*), kerugiannya bisa sampe milyaran. Secara setoples cookie cutter bentuk bunga aja harganya setengah juta, palet segede gaban (literally), dua setengah juta, chef knive, 450rb *pingsan* Dan… akhirnya gue berhasil menemukan vanila ekstrak! *girang* That and… a lot, like a lot, other stuff. Kalo gue stay lebih lama lagi, gue yakin gue gak balik lagi ke Malang pulang karena bangkrut.

Beli peralatan kue doang gak lucu dong, kalo tanpa latihan bikin kue. Jadilah gue nyoba bikin cake kukus bareng nDut. I was encouraged to try decorate the cupcake with fondant. Semua juga tahu kalo cupcake decoration itu emang lucu abis, tapi gue belum terlalu tertarik buat benar-benar melakukannya. But, I did it anyway, because if I think it’s kinda cute, why shouldn’t I try to give a try? The result? Yah, lumayan lucu lah, buat seorang amatir.

Amatiran

Dan juga cokelat cupcake kukus yang cookelaat.. banget rasanya :)

Abaikan kue bolong-bolong yang di belakang.

 

Update:

Kayaknya detil berikut ini cukup berguna melihat traffic yang lumayan tinggi buat posting gue yang satu ini:

Toko Ani (Wilton’s International Distributor)

Jl. Gunung Sahari I No. 5, Jakarta 10610
Phone. (021) 4211286 – 4253109 – 38904460
Fax. 021 421 1284

–> Toko ini deket banget sama Terminal Senen. Kalo turun dari bis di depan pintu masuk, konon, dengan tanya sama para penjual yang banyak banget di situ, mereka pada tau apa dan di mana itu Toko Ani saking terkenalnya.

in•gre’di•ents:

Pesanggrahan Raya No.72                                                 
Jakarta Barat.
Telp: (021)5872829
 
Radio Dalam Raya No.14C
Jakarta Selatan.
Telp: (021)7204039

–> in•gre’di•ents: (yes, this is how the actually write their shop name) yang ada di Radio Dalam sejauh gue tau gada kursus masak kayak yang di Pesanggrahan. My fave shop!

Titan

Jl. RS Fatmawati no 22A
Cilandak Barat
Jakarta Selatan 12430
Telp: +6221-7692329
Faks: +6221-7668137

–> TBK wajib para bakers di Jakarta. Sering banget jadi rujukan.

About Lely Citra

Procrastinator, but strangely, always on time.

8 responses »

  1. endi rek? waah iming” thok.. ck ck ck..

    Reply
  2. yuliana - yogyakarta

    haloooo…salam kenal mba lely…
    aku na, boleh tahu ngga ya lokasi 3 toko (ingredients radal, titan dan toko any?) diatas ada dimananya jakarta? pingin coba juga kesana kalo main kejakarta nanti.. Makasih.. :)

    (0818 885 332)

    Reply
  3. Asikkkk yaaa bisa otak-atik perbakingan.. Aku baru tahap coba2 klo di rmh mertua, soalnya blom kesamoean beli oven nih… Klo masak-memasak sih udh lumayan cihuy *geeran*
    sama bgt aku lbh mupeng maen2 k toko peralatan masak ketimbang ke toko sepatu,tas,baju (eh baju msh aga mupeng sih), atau k toko perhiasan :oops:

    Reply

Leave a Reply

