RSS Feed

Resep Es Krim Green Tea

Kapan ya, pertama kali gue nyoba dessert rasa green tea? Greentea ice blended-nya J. Co-kah? Baskin Robs? Haagen Dazs? Goota? Lupa gue. Yang jelas, mulai dari saat pertama itu, di manapun gue liat cafe atau ice cream parlor, gue pasti selalu nanya rasa green tea. Rasanya itu… uhm, aneh, dan buat gue, nagih banget.

Semenjak (akhirnya) bisa menguasai teknik bikin eskrim homemade, walaupun gak jago-jago amat, bikin eskrim rasa greentea (hampir) jadi obsesi gue *plak* TBK di Malang udah diubek, tapi mencari bahan utamanya, greentea powder, bener-bener susah. I think it’s fair if I say that that main ingredient is not available in Malang.

So, ketika gue kalap, akhirnyaah… gue menemukannyah!

Tadaa...

Baru pas bayar di kasir gue sadar kalo harganya… damn, untuk 10-20gr bubuk teh ijo gerusan, itu “lumayan” juga. Ah, well.

Bubuknya wangi bwangets. Wangi jasmine gitu. Sampe pas es krimnya udah siap santap, gue berasa minum Nu Green Tea dalam bentuk es krim.

Kali ini gue gak pake resep yang biasa gue pake buat bikin es krim. Gue memutuskan untuk mencoba custard base. Ternyata tidak seburuk itu kok, walau ada 2 butir kuning telur di dalam es krim itu. Gue dapet resep aslinya dari sini, tapi gue modif karena pake 3 sendok makan bubuk green tea itu gak masuk akal. Bisa langsung abis itu satu botol kecil. Kan gue masih harus nyoba bikin green tea cheesecake, hohoho…

Recipe

  • 6 sdm gula pasir (kurangiin kalau pingin rasa es krimnya agak pahit)
  • 2,5 sdt teh hijau bubuk
  • 2 kuning telur
  • 1 sdm tepung maizena.
  • 250 susu cair.
  • 200 krim kental

How to:

  1. Larutkan teh hijau bubuk dengan air panas. Gak usah banyak-banyak ya? Nanti malah green tea-nya gak kerasa. Cukup sampe larut aja.
  2. Kocok kuning telur dan gula sampai warnanya kuning pucat (pake mikser aja, biar tangannya gak kemeng, bow), kemudian tambahkan maizena cair sambil terus diaduk.
  3. Panaskan susu cair. Matikan api ketika hampir mendidih. Jadi, jangan ditinggal fesbukan yaa..
  4. Ambil sepertiga susu panas dan masukkan perlahan-lahan ke dalam adonan telur sambil terus diaduk (tempering), lalu masukkan larutan bubuk teh hijau.
  5. Panaskan kembali di atas api sambil diaduk-aduk sampai mengental. Angkat sebelum mendidih.
  6. Dinginkan adonan teh hijau sebelum dicampur rata dengan krim kental.
  7. Start the freezing process or just pour it into your ice-cream maker. Setelah selesai itu masukkan ke wadah tertutup dan silakan bersabar selama 3-4 jam sebelum bisa menikmati hasil jadinya.

Kali ini gue nyoba ngebentuk es krim ini kayak es krim cake yang harus dipotong sebelum disajikan. Dan gue gak akan ngulangin lagi kesalahan ini -_-

 

Advertisements

About Lely Citra

Procrastinator, but strangely, always on time.

13 responses »

  1. jeunx gw dah mampir yah.. *Asli penting banget ni komen*

    Reply
  2. M..seperti lo musti bantu lay out blog gw deh…be my blog editor yak…plis…

    Reply
  3. aku durung nyoba’ :(

    Reply
  4. akhirnya nemu green tea powder dimana mbak?
    aku cari di Malang nggak nemu2 juga soalnya.
    thanks :)

    Reply
    • Aku siy pas lagi maen ke jakarta sekalian beli matcha powder. Sekarang di malang juga udah ada kok, di TBK Surya Gemilang. Di deketnya embong arab :)

      Reply
  5. maturnuwun infonya njeh mbak.. :-)

    Reply
  6. boleh tau ga beli bubuk greentea yang bisa ada wangi jasminenya itu dmn? trimakasih.

    Reply
  7. boleh tau gag, rasanya sama gag dengan es krim yang biasa d jual d outlet2 gitu? thx :)

    Reply
    • hmm… klo dibandingin sm bbrp merk, ini malah lbh enak, hehehe… misal sama baskn rob, wah, jauuh. enakan ini. tapi jgn dibandingin sm haagen ya, hahahah…

      Reply
  8. sanny ferryanny

    mbak susu yang dipake hanya sepertiga atau semuanya dimasukin 250ml

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: