RSS Feed

Taiwanese Cheese Cake

Waktu itu bikin New York Cheese Cake dan berakhir gagal total. Eh, gak total juga sih, masih bisa dimakan, cuma keaseman yang pasti gara-gara gue nyemplungin sour cream gak pake aturan.

Gak peduli udah gagal bikin baked cheese cake, gue masih tetep penasaran bikin cheese cake. Kali ini, dengan pede semi tinggi, gue memutuskan bikin Taiwanese Cheese Cake. Dan gue tergoda gara-gara gambarnya keliatan yang fluffy lembut gitu. Food stylist yang hebat, sampe gue bisa tergiur dari gambar doang. Eh, tapi kan emang begitu tujuan dari adanya profesi food stylist bukan?

Daaaan… coba tebak! Sekali lagi gue melakukan kesalahan bodoh. I overdo the instruction. Entah apa yang salah dengan otak gue dengan tidak bisa menuruti instruksi yang sudah di uji coba para pakarnya.

Taiwanese Cheese Cake (Source: Buku 50 Resep Cheese Cake, Sedap)

Ingredients

  • 125 gr cream cheese
  • 90 gram susu evaporated
  • 65 gram mentega tawar
  • 35 gr tepung terigu protein rendah
  • 30 gr maizena
  • 120 gr kuning telur
  • 150 gr putih telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt cream of tartar
  • 90 gr gula pasir
  • 1 sdm parmesan cheese untuk taburan.

Instructions

  1. Tim cream cheese dan susu cair sambil diaduk sampai leleh. Tambahkan mentega. Tim lagi sampai mentega larut. Jaga air tim jangan sampai mendidih. Angkat.
  2. Tuang ke dalam campuran tepung terigu dan maizena yang sudah diayak, sambil diaduk rata. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan.
  3. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar dengan kecepatan sedang sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  4. Tuang 3 sendok makan putih telur ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan. Tuang campuran ini ke dalam putih telur sedikit-sedikit sambil diaduk hingga rata.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang 22x22x4 cm dialas kertas roti tanpa dioles margarin. Tabur keju parmesan.
  6. Letakkan loyang berisi adonan di dalam loyang lebih besar yang sudah diberi 2-3 sendok makan air. Oven dengan suhu 160 derajat C selama kurleb 45 menit atau sampai matang.

Additional instruction

  • Setelah oven dimatikan, biarkan loyang berada di dalam oven sampai 1-2 jam.

Instruksi tambahan itu gak ada di dalam bukunya. Gue melakukannya karena begitu cake langsung gue keluarin dari oven setetelah mateng, doi langsung yang mengerut dan kempes gitu. Kayak yang kaget gitu kena suhu ruangan *halah* Langsung aja gue masukin lagi ke oven yang udah mati. Sepertinya dia berhenti mengerut. Gue gak tahu kalo gak gue masukin lagi emang bakal brenti mengerut ato gak. Gue gak mo ambil risiko buat cake ini. Bahannya kan lumayan bow *perhitungan*

Gue overdo instruksi nomor 6. Bukannya ngasih air 3 sendok makan aja buat au bain marie, pas air dah abis di menit ke 30, malah gue banjur lagi. Semacam bodoh -_- Alhasil pas udah mateng, hasil cake-nya terlalu lembap. Enak sih, cuma jadi eneg gitu. Akhirnya setelah gue potong-potong, gue masukin oven lagi 15 menit. The second time baking was damn worthed! It’s light, it’s fluffy, and it’s… cheesy! There’s nothing like it.

Pokoknya ikutin aja instruksi yang udah sangat jelas, you’ll be ok ;)

Advertisements

About Lely Citra

Procrastinator, but strangely, always on time.

6 responses »

  1. anjrot dia lulus bikin ciskeik….aaaahhhhhh maaaauuuuuuuu

    Reply
  2. huaaaa bagus bangettt, pernah beli ginian di Taiwan, wajahnya sama ama ini :D, coba ahhhh =))

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: