RSS Feed

Cookies and Cream Ice Cream

Posted on

Another ice cream recipe!

Si, I’m addicted of making ice cream.

Es krim rasa ini udah gak pernah meninggalkan benak gue semenjak gue memperhatikan rasa-rasa eskrim yang ada di New Zealand Natural. Gue tahu pasti paduan rasa es krim vanilla ples Oreo udah pasti oke banggets. Tapi gue gak beli. Karena apa? Gue gak rela merogoh kocek Rp 20.000-an (seinget gue sih seginian) cuma buat secontong es krim vanilla diaduk sama Oreo. Baskin Rob malah lebih parah. Satu scoop malah Rp 30.000! Iiih, pengen marah deh! Dasar kapitalis oportunis *cih*

Dan, berbekal dengan mengkira-kira rasa ini, gue nekat bikin es krim Cookies and Cream. Lagian apa sih susahnya bikin es krim rasa ini? Cuma es krim vanilla diaduk sama Oreo doang kan? *plak*

Cookies and Cream Ice Cream (Original recipe by Lely)

Ingredients

Vanilla ice cream

  • 300 ml susu
  • 200 ml heavy cream
  • 2 kuning telur
  • 1 sdm tepung maizena
  • 4 1/2 sdm gula
  • 1 pod vanilla bean (atau 1 1/2 sdt vanilla extract)

Cookies

  • 10 biskuit Oreo (tumbuk kasar asal remuk)

Instructions

  1. Didihkan susu, separuh gula, vanilla bean dan sekaligus pod-nya dengan api sedang sampai muncul gelembung-gelembung kecil di pinggiran panci. Matikan api.
  2. Kocok kuning telur dan sisa gula dengan mixer sampai kuning telur berubah kuning pucat dan kental. Tambahkan tepung maizena yang diencerkan dengan sedikit air.
  3. Dengan menggunakan whisk, aduk cepat sepertiga susu hangat ke dalam kuning telur (tempering), lalu masukkan kembali kuning telur ke dalam susu sambil terus diaduk. Bersihkan adonan kuning telur sampai ke dasar mangkuk, untuk mengambil gula yang tidak larut dalam pengocokan.
  4. Panaskan kembali adonan kuning telur + susu sambil terus diaduk menggunakan sendok kayu. Jangan sampai mendidih. Adonan custard sudah siap ketika sendok kayu terlapisi dengan adonan. Matikan api. Angkat vanilla pod.
  5. Biarkan dingin di dalam lemari es, atau dinginkan menggunakan semangkuk es batu yang diletakkan di bawah panci custard. Metode mana pun yang dipakai, selalu diaduk sesekali supaya tidak custard tidak bergumpal.
  6. Kocok heavy cream sampai setengah mengembang. Masukkan adonan custard dan aduk sampai rata (di sini, mungkin nanti akan ngerasa,  “Adonannya kok kentel dan bikin eneg banget ya?” Don’t worry, you’re one the right track :)
  7. Freezing process bisa pake ICM atau cara sabar: freeze and beat technique.
  8. Di kocokan terakhir, atau ketika adonan es krim sudah mulai kental sehingga bisa menahan Oreo tidak jatuh ke bawah wadah, tambahkan biskuit Oreo yang udah ditumbuk kasar dan aduk beberapa kali saja. Tidak usah terlalu rata supaya tekstur biskuitnya masih tetap terasa waktu dimakan.
  9. Masukkan ke wadah kedap udara, dan dinginkan selama 12 jam.

Note:

Jangan terlalu halus menumbuk Oreo, karena nanti malah bikin es krim vanilla-nya butek dan warnanya jadi gak sembur-sembur putih hitam lagi.

Advertisements

About Lely Citra

Procrastinator, but strangely, always on time.

14 responses »

  1. bowwwww… gw print yaa, mau coba bikin besok :D

    Reply
  2. Ice Cream wah mantep buanget….

    Reply
  3. gw dunks gagal bikinnya…tidak seperti yang diharapkan..hiks..hiks

    Reply
    • Aaah… bikinnya gak konsen siiy. Otakny penuh sama macarons kali. trus gagal juga yak, macarons-nya? XD
      Gw nyoba makan macarons udah keburu kapok aja. Kyk makan gula -__-

      Reply
      • kalau bikinnya pake mesin gimana?kan kalo pake mesin itu harus ditunggu sampe 1 jam soalnya mesinnya muter sendiri.kalo di dalemnya dikasi oreo trus mesinnya muter sampe 1 jam,es krim jadi butek ga?tolong d reply ya..makasi :)

        Reply
        • Kemungkinan besar bakal butek tuh kyknya. Mungkin setelah satu jam udh diproses di ICM, matiin, baru abis itu masukin oreo yang udh diancurin setengah, trus diputer lagi sekenanya. Maksudnya jangan yang sampe rata2 banget :)

          Reply
  4. wihiii another cihuuuy recipe nih, gak sabar pengen nyoba

    Reply
  5. looh yaa.. gag tau diincipi aku ikiy..

    Reply
  6. btw, susu nya pakek susu segar ato susu full cream boleh ?

    Reply
  7. Kalo nggak pake heavy cream bisa ga?
    Selain heavy cream ada ga alternatif pengganti lainnya?

    Btw thanks for the share.

    Reply
    • bisa aja gak pake heavy cream, cuma rasanya jadi gak gurih. dan namanya bukan ice CREAM lagi dong, hehe.. alternatifnya gak ada. tapi mungkin kuning telurnya bisa ditambah satu lagi, biar rasanya lebih gurih.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: