RSS Feed

Maldives? Gak Perlu! Ada Karimun Jawa di sini!

Liburan udah lewat dari kapan tau, berita liburan baru turun sekarang. Untung gak kerja di redaksi. Bisa langsung dipecat kalo cara kerjanya kayak gini.

Yes, so, kalo liburan tahun lalu lalu ke Bali, liburan tahun ini temanya tetap pantai. Bukan pantai sembarang pantai, tapi pantai yang (kayaknya) lagi jadi inceran banyak orang. Karimun Jawa.

Karimun Jawa ini sebenarnya mirip-mirip Kepulauan Seribu di Jawa. Cuma yang ini ada di utaranya Jepara. Bentuknya bukan satu pulau kayak Bali, tapi berupa gugusan pulau-pulau kecil. Berapa tepatnya pulau-pulau yang ada di situ, gue gak jelas deh. Secara denger-denger minggu kemarin baru ditemuin satu pulau lagi di situ.

Awalnya gue mo berangkat sendiri. Salah, awalnya gue mau berangkat sama temen SMA gue yang merencanakan liburan ini hampir delapan bulan sebelumnya. Dan tiga bulan mendekati sebelum berangkat, dengan okenya dia bilang gak jadi karena kudu nabung buat merit. Nice, ya? Kenapa gak bilang dari awal? Anyway, show must go on. Ke Karimun sendirian? Gak masalah. Nanti juga bakal banyak ada temen di sana.

Ternyata ada mbak-mbak yang sengaja googling email gue di website turnya untuk nyari temen seperjalanan dari Malang. Berangkat dari Malang tgl 23 Juni ’11 jam 3 siang, sekali-kalinya naik bis Malang-Surabaya–benar-benar memalukan. Kalo mbak-baru-kenal itu gak nolak naik travel, pasti gue bakal gak pernah ngerasain bis Malang-Surabaya. Sampe Surabaya jam 6 sore, and damn, nyesel abis gak berangkat jam 6 sore ajah. Karena ternyata bis Indonesia tujuan Surabaya-Jepara (Rp 60.000 ato Rp 80.000 ya? Lupa deh. Yang jelas gak nyampe Rp 100.000) baru masuk terminal sekitar jam 9 malam, and berangkat setengah jam kemudian.

Bisnya lumayan banget. No complain lah saya. Ruangan rokok yang biasanya ditaro di bagian belakang bis, kali ini ruangan pak supir dan kenek dibatasin sama kaca kedap. Jadi gada lagi gangguan asap rokok dari pak sopir. Brenti bentar di Tuban buat makan malam. Rumah makannya bikin gak selera, tapi kata mbak Vanda yang makan, rawonnya lumayan enak. Perjalanan mulus sampe Jepara jam 4 pagi. Sampe terminal Jepara (gak ngerti apaan nama terminalnya) pas mau subuhan. Kayaknya terminalnya deket pantai, udaranya dingin seger-seger laut gimana gitu. Gue masih kudu nungguin dua temen gue yang dateng dari Jakarta. Tapi berhubung jam 5.45 pada belum keliatan, gue and mbak Vanda pun ke pantai Kartini naik becak yang jaraknya cuma 20 menitan. Di banyak blog bilang kalo becaknya mau aja dibayar 10rb. Hoax sepertinya, karena mereka mintanya 20rb. Sucka! But I was in a good mood, jadi biarlah.

Selesai ketemu sama temen-temen gue dari Jakarta, registrasi ulang sama turnya, kita pun langsung pada jejingkrakan ke kapal feri KMP Muria (Rp 28.500. Tapi kayaknya sekarang naik jadi Rp 30.000) yang mau berangkat ke dermaga Karimun Jawa. Jejingrakan karena gak tau apa yang bakal diadepin 6 jam berikutnya.

Long story short, gue cuma berharap bisa ke Karimun Jawa tanpa harus nyebrang pake feri.

Anyway, setelah akhirnya sujud syukur (sumpa rasanya gue pengen nyium daratan) waktu kapal merapat di pelabuhan, kita langsung menuju guest house yang udah disediain turnya. Cukup lah menurut gue, walaupun listrik harus dimatikan dari jam 6 pagi sampe jam 5 sore. No problemo, toh sesiangan bakal abis di laut. Satu guest house itu ada 5 kamar, 1 kamar diisi 3-4 orang, dan kamar mandinya berapa coba? 2 buah saja. Tapi toh semuanya beres-beres aja di antara 20 orang asing itu.

Nahan diri gak nyium daratan.

Hari pertama: Kelewatan sunset di dermaga kecil.

Hari kedua: Jam 8 pagi udah pada kumpul di dermaga kecil buat menuju Pulauu…. damn, gue hilang ingatan. Yang gue inget adalah perjalanan selama 45 menit naek kapal yang berasa naek roller coaster. Dejavu, perasaan kemaren udah diombang-ambing ombak 6 jam deh. Kok sekarang begini lagi? Berasa roller coaster karena kapalnya kan kapal nelayan gitu.

Roomies; Her, mbak Vanda, c'est moi, Natu

Tapi sepadan banget deh itu perjalanan bak roller coaster. Begitu kapal melipir di pelabuhan kecil, sepatu katak and goggle langsung dibagiin, pasang pelampung (jadi buat yang gak bisa berenang, no worries, ok?) jalan mundur ke pinggir dermaga karena udah pake sepatu katak, duduk, siap-siap loncat and… byurr, jebret! Kaki gue kebeset karang. FFFFFUUUUU!

Fun as hell!

Entah berapa jam yang kita abisin di situ buat snorkling. Yang jelas, begitu gue keluar dari air, badan gue udah gosong walaupun badan udah gue teplokin sunblock spf 50. Dan gue dapet oleh-oleh lain selaen kebeset karang. Jellyfish’s sting! FFFFFFFFFFUUUUUUUUUUUU!! That’s right. Some stupid jellyfish stung me. Di paha kiri dan kanan gue, pas gue lagi asoy berenang-renang liat karang. Si mas pemandu gak percaya pas gue bilang gue digigit ubur-ubur. Ah, kayak kampret si mas-nya. Tapi, gue juga gak peduli-peduli banget sih. Walaupun emang panas dan gatel, tetep aja gue lanjut berenang-renang lagi. Kalo menurut Joey and Chandler, harusnya gue disiram “amonia.” Yaa… lo ngerti lah maksud gue.

Lanjut ke pulau selanjutnya, P. Kecil, di mana di sini kita leyeh-leyeh. FYI, degan di sini enak banget. Beda sama di pulau-pulau laen. Dan lanjut menuju pulau terakhir, P. Besar, tempat penampungan hiu. I didn’t swim, it was 4 pm-ish, and the wind blew so hard. Really, it was freaking cold!

Awesome

Hari Ketiga: Fave days of all! Why?

This is why

Also this. Dikelilingi ikan-ikan.

Moreover this o_O

Damn, I love this picture.

Picture speaks louder than words, yes? Dan akhirnya gue dapet sunset di hari terakhir ini.

Not bad

Hari ke-empat: Siap-siap balik ke kenyataan. Badan mulai kerasa gak fit. Gak heran, 2 hari kena angin laut dengan baju renang basah yang gak diganti sama sekali selama island hopping. Langsung tenggak obat sapu jagat Demacolin, Antangin, and You-C 1000. Ogah banget pulang liburan malah sakit. Dan kali ini gue udah siap dihantam ombak selama 6 jam.  Dengan “Her, gue bagi Antimo, yak?” gue pun survive di atas feri. Sounds lame? Gak peduli. Sumpa ombaknya gak nahan. And it worked! Nyesel kenapa gak minum ini pas berangkat.

Sampe di Jepara, kita gak langsung menuju kota masing-masing, tapi nginep dulu di Penginapan Kota Baru (0291-3319509) di daerah Pantai Kartini. Tempat transit yang cukup nyaman. Highly-recommended buat on-budget traveler karena sewa kamar AC semalemnya cuma Rp 110.000. Lumayan cuma Rp 55.000 kalo sama temen. Kalo jadwal bis Jepara-Surabaya ada yang sore, kita pasti langsung pulang. Sayangnya Bis Indonesia itu cuma ada jam 6 pagi doang. Sebenarnya ada alternatif laen, naik bis ke Semarang trus lanjut Semarang-Surabaya, tapi badan udah keok gara-gara maen-maen di laut 2 hari berturut-turut.

Overall budget: gak nyampe Rp 800.000. FTW!

Untuk diperhatikan buat yang mau maen ke Karimun Jawa:

  1. Bawa persediaan tolak angin 1 pak
  2. Bawa persediaan tolak angin 1 pak (yes, i’m repeating here)
  3. Minum vitamin C supaya tetap fit
  4. Matahari terik abis, jadi sunblock >SPF 40 is a must
  5. Pas island hopping usahain untuk selalu ganti baju yang basah. Biar gak masuk angin.
  6. Kaca mata item bukan cuma buat gaya, kecuali emang mata tahan sama terik matahari yang kinclong aje.
  7. Bawa mosquito-repellent
  8. Yang gampang mabok atau gak, diharap untuk tetap menyiapkan Antimo. Really, you don’t wanna miss this thing.
  9. Have fun :)
About Lely Citra

Procrastinator, but strangely, always on time.

4 responses »

  1. Menarik! Jadi pingin ke sana juga :D Btw, 800rb itu benar2 udah overall budget? Kamu ikut jasa tur atau jalan-jalan dewe ke sana? :)

    Reply
    • Pake jasa tur, nemu di FB, dan udah saya link di postingannya kok. here’s one more: http://www.wisatakita.com/ ;) kalo jln sendiri ke sana repot, non. krn toh di sananya pasti butuh jasa tur untuk sewa kapal and alat selam lebih murah.
      Iya, overall budget kalo diitung2 emg gak nyampe 800rb, karena emang niat liburan on budget. Itu karena itungannya dari Malang lho ya. jadi ya tergantung brkt-nya dari mana juga.

      Reply
  2. Kewwwwlllll…… Seger bgt liat foto2nya

    Reply

Leave a Reply

