RSS Feed

My Very Own Tiramisu

Waktu itu mbak Didin yang udah gak pulang ke Malang selama hampir 3 tahun, akhirnya pulang juga. Entah dia itu pulang untuk ngabis-ngabisin duit di Malang atau gimana, gue gak ngerti. Yang jelas, gue mpe bikin tiramisu tiga kali buat dia.Tau sendiri harga Mascarpone itu mihil.

I never made this dessert before. Waktu itu emang pernah kursus bikin cake ini, tanpa lady finger, dan sepertinya layak dicoba. Base lady finger akhirnya diganti pake sponge cakenya NCC dan browsing-browsing bikin krim tiramisunya. Dapet resep tiramisu-nya NCC pun rasanya kayak gak sreg, karena lihat porsi gula yang kayaknya kok untuk orang yang sweet tooth banget.

Dapet resep kuning telur 2, trus pake putih telur yang dikocok mengembang, and that’s it. Eww… Putih telur mentah. Pass deh. Dapet lagi, ukuran heavy cream lebih banyak dari pada Mascarpone. Risiko gampang lumer. Pass lagi. Capek nyari resep, akhirnya gue kira-kira sendiri aja dengan memperkirakan rasanya gak akan manis-manis banget–apa lagi gue selalu pake whipped cream non-dairy yang notabene rasanya selalu lebih manis dari pada whipped cream dairy–dan konsistensi yang mirip a very, very smooth butter cream.

Tiramisu

Base vanila sponge cake:

  • 3 butir telur
  • 1 kuning telur
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 100 gr tepung terigu
  • 50 gr mentega cair
  • 1/2 sdt esens vanili

Cream Tiramisu

  • 2 kuning telur
  • 40 gr icing sugar
  • 250 gr Mascarpone cheese (suhu ruang)
  • 250 ml heavy cream (non-dairy)

Larutan kopi (aduk rata)

  • 2 sdt kopi instan
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdt rum/coffee liquor (optional)
  • 150 ml air panas

Direction

Base vanilla sponge cake

  1. Alasi loyang bulat uk. 20 cm dengan kertas roti dan olesi dengan mentega. Kocok gula dan telur sampai setengah mengembang, masukkan emilsifier, kocok sampai kental.
  2. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Masukkan mentega cair, aduk balik sampai rata. Pastikan tidak ada mentega cair yang tertinggal di bagian bawah wadah. Tuang di loyang, dan ketuk-ketuk sedikit untuk mengeluarkan udara pada cake.
  3. Oven pada suhu 180 derajat C selama 40 menit atau sampai matang. Angkat, dinginkan, dan potong horizontal menjadi 3 bagian sama rata. Sisihkan.

Tiramisu cream

  1. Kocok gula halus dan kuning telur di atas air panas sampai cairan dirasa hangat. Angkat dari air panas dan kocok lagi sampai kental dan cairan tak lagi terasa hangat. Masukkan keju Mascarpone, aduk rata tapi jangan terlalu lama.
  2. Kocok heavy cream sampai kaku. Masukkan campuran Mascarpone ke dalam whipped cream, aduk balik perlahan-lahan sampai rata. Bagi menjadi 3 bagian sama rata.

Penyelesaian

  1. Tata lapisan cake pertama pada ring mika, perciki dengan air kopi sampai lembap. Tuang krim tiramisu, ratakan hingga ke pinggir. Tutup dengan lapisan cake kedua. Ulangi langkah yang sama sampai cake terakhir dan krim tiramisu habis.
  2. Masukkan dalam kulkas selama minimal 4 jam. Semalaman lebih baik.
  3. Tabur dengan coklat bubuk saat akan dihidangkan. Potong dengan pisau yang dicelup ke air panas dan dilap dengan tisu supaya hasil potongan menjadi rapih.

Enjoy :)

NB: Hi, dear. Makasih fotonya ya <3

Advertisements

About Lely Citra

Procrastinator, but strangely, always on time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: