RSS Feed

Black Forest Cake! Akhirnya!

Sebenarnya cake ini bukan yang baru bikin kemarin, atau bahkan minggu kemarin. Black Forest ini dibuat buat hantaran balasan tempo hari, dan tempo hari itu adalah tanggal 12 November ’11 lalu. Itu bukan tempo hari ya, istilahnya? Hehe, abisan gak ada waktu, ma meeenn! *ahlesan*

Cake ini juga sebenernya cuma salah satu cake dari 6 cake dan 2 toples cookies yang gue bikin untuk hantaran balasan itu. Waktu itu bilang nyokap sanggup untuk bikin enam cake karena yang ada di otak adalah pikiran bahwa ini ajang latihan. Latihan apa? Latihan buat bikin Salt & Cocoa bener-bener ada wujudnya. Bukan cuma angan-angan.

Manajemen waktunya udah lumayan. Cookies gue serahin ke nyokap. Pandan chiffon, Orange cotton cake, dan 2 butter cheese cake, dan 2 base cake Black Forest beres dibuat malem sebelumnya, yang kurang cuma covering and Black Forest sama whipped cream dan garnish-nya. Pagi jam 10 masih ribet sama tetek bengek laennya. Belom sadar kalo masih amatiran banget buat covering dan garnish black forest.

Akhirnya garnish baru mulai jam 1-an. Few lessons to learn after 2 hours struggling with whipped cream and chocolate:

  1. Ngocok whipped cream harusnya gak boleh terlalu heboh. Malah bikin pecah dan gak smooth lagi.
  2. Ini entah emang gue yang amatiran ato gimana, tapi nyerut dark chocolate itu susaaahh! Sialaan!
  3. Harus banyak latihan garnish pake spuit, supaya bentuknya yang berulang terus konsisten. Supaya bentuknya gak ada yang lebih kecil, atau lebih gede, ato malah swirl-nya gak keliatan.
  4. Untuk setiap layer, cherry hitam ditaro sebelum dioles whipped cream, supaya kalo ditumpuk sama cake di atasnya, cherry itu gak akan melesak amblas dan malah bikin whipped cream-nya keluar ke pinggir-pinggir.

Tapi overall, cake ini kayaknya enak banget. Cakenya sangat, sangat moist, whipped cream-nya enak, dan lengkap pake black cherry. Tapi yang nyebelin adalah gue gak bisa nyobain :-( udah pesen sama si Amore untuk sisain gue barang se-slice. Eladhalah nyokapnya ngasihin cake itu ke kakaknya. Yap, satu utuh semuanya. Kayak yang ngasih tau gue untuk mau gak mau emang kudu bikin lagi.

Black Forest

(Source: 60 Resep Cake & Cookies Anti Gagal NCC)

  • 8 butir telur
  • 60 gr coklat bubuk (use the best you can get)
  • 40 gr tepung maizena
  • 100 gr tepung terigu
  • 1 sdm cake emulsifier
  • 100 gr mentega, lelehkan
  • 200 gr gula pasir
  • 1/4 sdt vanili bubuk

Hiasan:

  • 400 gr krim kocok
  • Serutan dark cooking chocolate
  • 1 kaleng cherry hitam, saring, pisahkan airnya.

Instructions:

  1. Campur terigu, cokelat bubuk, dan tepung maizena aduk rata. Siapkan 3 buah loyang bundar diameter 20cm. Olesi margarin, alasi kertas roti, oles kembali dengan margarin.
  2. Kocok telur, gula, vanili bubuk, dan cake emulsifier sampai mengembang dan kental.
  3. Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk sampai tercampur rata. Masukkan mentega leleh, aduk rata.
  4. Tuang ke dalam loyang, panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat C selama 20-25 menit sampai matang. Angkat, keluarkan dari loyang, dinginkan.
  5. Penyelesaian
  6. Basahi satu lapis cake dengan air cherry hitam, susun belahan black cherry, lalu oles dengan krim kosok. Tumpuk lagi lapisan cake ke-2. Ulangi proses yang sama hingga lapisan teratas.
  7. Rapikan, oles seluruh cake dengan krim kocok, hias dengan cokelat serut, atau bentuk lain sampai tertutup semua.

Coming up, Sacher Torte!

Advertisements

About Lely Citra

Procrastinator, but strangely, always on time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: